Home » » inilah sembilan Cara smartphone menghancurkan kesehatan

inilah sembilan Cara smartphone menghancurkan kesehatan

inilah sembilan Cara smartphone menghancurkan kesehatan-Apakah Anda dan ponsel kesayangan sangat sulit dipisahkan? Jika iya, tenang, Anda tidak sendirian. Sebuah survei pasalnya baru-baru ini mengungkap kalau 66 persen orang sebenarnya takut 'berpisah' dengan smartphone miliknya.


Meskipun demikian, ternyata 'kedekatan' antara manusia dan smartphone memiliki dampak negatif, salah satunya bagi kesehatan. Coba simak berbagai cara smartphone menghancurkan kesehatan selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.

1. Pendengaran
Mendengarkan musik melalui smartphone dengan menggunakan headset memang menyenangkan. Apalagi jika dilakukan sambil bersantai. Tetapi hati-hati saat mengatur volumenya. Sebab jika terlalu tinggi, telinga akan tersakiti karena terjadi kerusakan di dalam sel. Jika dibiarkan, kebiasaan mendengarkan musik dengan volume tinggi bisa membuat Anda kehilangan pendengaran.

2. Kuman dan bakteri
Smartphone adalah sumber kuman dan penyakit yang berasal dari kamar mandi. Sebuah jurnal kesehatan internasional pernah melaporkan, banyak orang membawa smartphone miliknya ke kamar mandi saat melakukan hal pribadi. Akibatnya, bakteri dan kuman dalam kamar mandi berpindah ke smartphone. Eww...

3. Jari-jari kaku
Apakah Anda sering merasa kaku dan nyeri pada bagian jari dan pergelangan tangan? Jika iya, mungkin hal itu disebabkan oleh kebiasaan terlalu lama berkutat dengan smartphone, termasuk di antaranya chatting, meng-update status di Facebook atau Twitter, SMS-an, sampai bermain Line Pop.

4. Nyeri leher
Mengetik berlebihan bisa membuat leher juga ikut nyeri. Nyeri ini bahkan menjalar sampai pada bagian pundak dan kepala. Bagaimana smartphone melakukannya? Bisa saja, sebab leher harus menahan kepala sedemikian rupa ketika Anda menunduk dan fokus pada smartphone dalam waktu yang lama.

5. Kecanduan
Angka kecanduan terhadap smartphone ternyata cukup tinggi, yaitu 66 persen. Orang-orang tersebut takut kehilangan atau dipisahkan dengan ponsel kesayangannya. Akibatnya, ke mana pun Anda pergi, smartphone tak pernah lupa dibawa, termasuk toilet. Sehingga kuman dan bakteri penyakit dalam smartphone terus bertambah jumlahnya.

6. Radiasi
Cara smartphone menghancurkan kesehatan berikutnya adalah dengan memaparkan radiasi yang tidak sehat. Kabar buruknya, banyak orang masih suka tidur bersebelahan dengan smartphone miliknya. Padahal smartphone lebih baik dimatikan di malam hari atau posisinya dijauhkan dari posisi Anda tidur.

7. Sulit tidur
Sebelum tidur, apakah Anda selalu mengecek smartphone? Jika jawabannya iya, kemungkinan besar Anda pasti merasa sulit tidur dan akhirnya merasa kelelahan keesokan paginya. Hal tersebut cukup wajar karena sinar LED dari smartphone mengganggu produksi melatonin yang membuat tidur lebih nyenyak. Tentu saja kebiasaan buruk itu harus segera dihentikan.

8. Sindrom ponsel bergetar
Sindrom ini banyak dirasakan oleh orang-orang yang kecanduan dengan smartphone. Mereka sering merasa ada getaran sebagai tanda panggilan atau pesan yang masuk dan keinginan untuk segera memeriksanya. Padahal smartphone sama sekali tidak menyala.

9. Gejala penarikan
Sama seperti alkohol atau obat-obatan terlarang, jika pemilik smartphone dipisahkan dengan ponsel kesayangannya, akan ada gejala penarikan yang membuat mereka stres. Termasuk di antaranya adalah cemas, menjauhkan diri dari pergaulan, dan depresi akut.
Sumber : http://www.merdeka.com/sehat/9-cara-smartphone-menghancurkan-kesehatan/gejala-penarikan.html

Like Dan Share Jika Kamu Suka Artikelnya Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Sederhana Ini


0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Pos Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger