Home » » Inilah Lima Misteri Makhluk mitologi yang hantui orang Vietnam

Inilah Lima Misteri Makhluk mitologi yang hantui orang Vietnam

Inilah Lima Misteri Makhluk mitologi yang hantui orang Vietnam-Vietnam menjadi salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang juga dikenal luas dengan keragaman cerita mitologinya.


Mitologi Vietnam terdiri dari mitos nasional pra-sejarah yang dibumbui aspek agama yang populer di negara yang beribukota di Hanoi tersebut. Berikut adalah beberapa makhluk mitologi yang menghantui Vietnam.

1. Thanh Giong
Thanh Giong atau juga dikenal sebagai Phu Dong Thien Vuong adalah pahlawan dalam mitos sejarah Vietnam dan salah satu dari empat dewa. Diceritakan, bocah kecil Giong tumbuh menjadi seorang pahlawan bertubuh raksasa karena dipengaruhi sihir kuda terbang. Dia dikisahkan menuju Vietnam sebagai simbol kemenangan melawan penjajah.


2. Tan Vien Son Thanh
Tan Vien Son Thanh adalah salah satu dari empat dewa dalam cerita rakyat Vietnam. Dikenal sebagai dewa gunung, Tan Vien Son Thanh memiliki sebuah situs historikal yang dibangun untuknya di distrik Vi Ba, Vietnam.

3. Chu Dong Tu
Chu Dong Tu adalah salah satu dari empat dewa abadi yang dipuja di Vietnam. Untuk menghormati sosok Chu Dong Tu, sebuah festival diadakan setiap tahun yang berlangsung dari tanggal 10 sampai hari ke-12 bulan lunar kedua di dua kuil, Da Hoa dan Da Trach, di Distrik Khoai Chau, Provinsi Hung Yen, Vietnam.

4. Putri Lieu Hanh
Putri Lieu Hanh adalah salah satu dari Empat Dewa yang dipuja di Vietnam dan juga sebagai tokoh utama dalam ibu dewi Dao Mau, di mana ia bertugas untuk mengatur surga. Aliran Dao Mau awalnya diciptakan oleh para perempuan di Provinsi Nam Dinh, di desa Van Cat, dan kemudian populer di Vietnam.

5. Empat hewan suci
Ini menjadi salah satu adaptasi dari mitologi China yang juga dipercaya di Vietnam. Negara yang memiliki nama resmi Republik Sosialis Vietnam ini memiliki Empat Hewan suci yakni naga, Ky lan, kura-kura dan phoenix.

Dari keempat makhluk suci dalam mitologi Vietnam tersebut, Ky Lan atau unicorn Asia, adalah yang paling misterius. Ky lan memadukan karakteristik dari banyak binatang yang berbeda. Makhluk ini memiliki kaki dan tanduk rusa, telinga anjing, dahi unta, mata elang, hidung singa, dan ekor banteng.

Sumber : http://www.merdeka.com/gaya/5-makhluk-mitologi-yang-hantui-vietnam/empat-hewan-suci.html

Like Dan Share Jika Kamu Suka Artikelnya Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Sederhana Ini


0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Pos Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger