Home » » INILAH BISIKAN SYETAN KETIKA KITA BERSEDEKAH

INILAH BISIKAN SYETAN KETIKA KITA BERSEDEKAH

Syetan akan menghalangi manusia dari beramal shalih. Di antaranya sedekah. Syetan akan menakut-nakuti orang yang bersedekah dengan kemiskinan
dan berkurangnya harta. Allah sendiri yang mengabarkannya : Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karun
ia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. Al-Baqarah: 168)


 
Ibnu Katsir berkata tentang firman Allah Ta'ala, Syetan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan, maksudnya: ia menakut-nakuti kalian dengan kefakiran supaya kalian tetap menggenggam tangan kalian, sehingga tidak menginfakkanya dalam keridhaan Allah.

Syaikh Ibnu Utsaimin berkata, Apabila
seseorang bersedekah maka syetan berkata kepadanya:

Apabila kamu sedekah hartamu pasti berkurang. Kamu punya 100 riyal, apabila kamu sedekahkan 10 riyal, maka hartamu tinggal 90 riyal. Jika hartamu berkurang, jangan bersedekah. Setiap engkau sedekah hartamu berkurang.

Perkataan beliau di atas terdapat dalam syarah Riyadhush Shalihin saat beliau
menjelaskan hadits Nabi ShallallahuAlaihi Wasallam : Sedekah tidaklah mengurangi harta. Tidaklah Allah menambahkan kepada seorang hamba sifat pemaaf melainkan akan semakin memuliakan dirinya. Dan juga tidaklah seseorang memiliki sifat tawadhu (rendah diri) karena Allah melainkan Allah akan meninggikannya. (HR. Muslim dari hadits Abu Hurairah)

Nabi kita Shallallahu Alaihi Wasallam memberitahukan hakikat, sebenarnya sedekah tidak mengurangi harta kita. Secara perhitungan, saat kita keluarkan memang berkurang. Tapi setelah itu sedekah akan menambah hartanya, baik jumlah maupun berkah. Sedekah akan menjadi kunci pintu rizki dan sebab bertambahnya.

Maka apakah masih disebut, sedekah mengurangi rizki?

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman : Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya (QS. Saba : 39)

Yakni Allah akan memberikan ganti kepadamu dengan lebih baik berupa harta yang disegerakan atau pahala di akhirat.

Ibnu katsir berkata dalam menafsirkan ayat di atas : Apapun yang kamu infakkan dalam apa yang diperintahkan kepadamu atau yang dimubahkan,
maka Dia akan memberikan gantinya untukmu di dunia, dan di akhirat dengan ganjaran dan pahala.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits Qudsi, Allah Taala berfirman : Berinfaklah, Aku akan berinfak untuk kalian. (MuttafaqAlaih dari Abu Hurairah)


wallohua'lam 
Terima kasih sahabat Posterkini sudah berkenan membaca artikel INILAH BISIKAN SYETAN KETIKA KITA BERSEDEKAH semoga bermanfaat terhadap diriku sendiri dan sahabat semuanya..Aamiin

Like Dan Share Jika Kamu Suka Artikelnya Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Sederhana Ini


0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Pos Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger