Home » » Inilah Ledakan nuklir pertama dunia yang terjadi di sini

Inilah Ledakan nuklir pertama dunia yang terjadi di sini

Sebuah tempat, yang terletak 336 km sebelah selatan dari Los Alamos di dataran tandus yang dikenal sebagai Jornada del Muerto di New Mexico, menjadi lokasi uji coba untuk ledakan nuklir pertama di dunia. Peristiwa itu tepat terjadi pada 16 Juli 1945 dengan kode nama Trinity.

Inilah Ledakan nuklir pertama dunia yang terjadi di sini

Saat itu, sebuah bom plutonium, yang disebut Gadget, digantungkan di atas menara setinggi 30 meter. Bom itu diledakkan tepat pukul 05.30 waktu setempat dan melepaskan energi yang setara dengan 18,6 kiloton TNT. Bisa Anda bayangkan bagaimana dahsyatnya?

Getaran ledakan bahkan bisa dirasakan hingga sejauh lebih dari 160 km. Para pelancong yang merasa penasaran dengan kondisi situs ini setelah terjadi ledakan itu, bisa berkunjung kemari. Situs Trinity dibuka untuk umum hanya dua kali dalam setahun, yaitu pada Sabtu pertama di bulan April dan Oktober. Sebagaimana dilansir amusingplanet, ribuan orang datang kemari untuk melihat lokasi tempat tes bom atom pertama dalam sejarah dilakukan.

Lebih dari enam puluh tahun setelah peristiwa ledakan itu terjadi, sisa radiasi pada situs tersebut mencapai sekitar sepuluh kali lebih tinggi dibandingkan radiasi bumi dan umumnya tidak berbahaya. Kini, setelah ditutup untuk umum selama bertahun-tahun, situs ini dinyatakan sebagai National Historic Landmark atau Simbol Sejarah Nasional pada tahun 1965.

Like Dan Share Jika Kamu Suka Artikelnya Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Sederhana Ini


1 komentar:

 
Copyright © 2013. Pos Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger