Home » » Tragedi Bunuh Diri Massal Sekte ajaran Sesat Di Guyana

Tragedi Bunuh Diri Massal Sekte ajaran Sesat Di Guyana

Tragedi Bunuh Diri Massal Sekte ajaran Sesat Di Guyana-Ini benar-benar merupakan tragedi kemanusiaan yang secara tidak langsung dipicu oleh masalah diskriminasi rasial di Amerika Serikat pada tahun 1970-an sampai tahun 1980-an dimana kaum kulit berwarna (khususnya kulit hitam) sulit mendapatkan pelayanan publik.

Sebuah aliran sesat yang menamakan dirinya Peoples Temple yang didirikan olehy Jim Jones membuah heboh pada tahun 1978 di California karena seluruh pengikutnya melakukan bunuh diri massal!

Tragedi memilukan ini terjadi pada 18 November 1978 di Guyana dimana korban tewas sebagian besar berasal dari California.

Hal tersebut mendorong sebagian masyarakat kulit putih untuk melakukan kampanye kesetaraan ras. Seperti yang dilakukan oleh seorang pendeta bernama Jim Jones ini yang mempersatukan golongan masyarakat bawah di gerejanya yang dia sebut Gereja Rakyat (The People’s Church) di Indianapolis). Dan karena mendapat banyak dukungan oleh kaum kulit berwarna serta sebagian kulit putih maka pengaruh mereka meluas ke San Fransisco dan kota-kota lainnya. Hal tersebut membuat Pendeta Jones mendapat penghargaan “The Martin Luther King Jr. Humanitarian Award. Pengaruh Pendeta Jones juga membangkitkan simpati dan dukungan dari berbagai pemimpin politik.

Namun karena banyak mendapat kritik terkait ajarannya, Jones dan pengikutnya mengungsi sampai Guyana. disana mereka tinggal di sebuah tempat yang mereka namakan Jonestown.

Salah satu foto korban dari "Killing Fields" Jonestown

Karena merasa terancam karena diselidiki oleh para senator dan sanak keluarga para pengikutnya yang masih di Amerika, Jones memerintahkan para pengikutnya untuk bunuh diri massal. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung!

Pemandangannya nyaris sama seperti Killing Fields zaman rezim Pol Pot di Kamboja (menurut saya)

Sumber : http://forum.detik.com/tragedi-bunuh-diri-massal-sekte-sesat-di-guyana-t611673.html

Like Dan Share Jika Kamu Suka Artikelnya Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Sederhana Ini


0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Pos Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger