Home » » Tragisnya Kerusuhan di Turki Bentrok Aparat Dan Warga

Tragisnya Kerusuhan di Turki Bentrok Aparat Dan Warga

Turki adalah sekutu Amerika Serikat dan negara strategis di persimpangan Eropa dengan Timur Tengah.

Karena itu kerusuhan yang meluas selama beberapa hari terakhir ikut dicermati oleh pejabat dan analis di Amerika.

 
Banyak analis menilai, kerusuhan dan demo ini adalah luapan ketidakpuasan massa terhadap  kebijakan Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan yang ditengarai sebagian kalangan semakin otoriter.

Puluhan ribu warga Turki bentrok dengan polisi antihuru-hara di Taksim Square, saat berunjuk rasa menentang pemerintahan Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan. Aksi yang dilancarkan sejak Jumat, 31 Mei itu berlangsung hingga Selasa, 4 Juni 2013.

Para pengunjuk rasa hari ini merayakan kemenangan mereka karena polisi memilih mundur dan menarik pasukan dari Taksim Square.

Kerusuhan awalnya dipicu oleh kebijakan pemerintah yang menghancurkan Taman Gezi dan membangun pusat perbelanjaan. Masalah kemudian menjalar ke isu politik yaitu penolakan kepemimpinan Perdana Menteri Erdogan yang diktator dan kontra sekuler. Erdogan pada Minggu menolak klaim bahwa ia adalah seorang diktator.

Perekonomian Turki di bawah kepemimpinan Erdogan dinilai terus tumbuh dan jarang diberitakan terkena dampak krisis ekonomi Eropa. Erdogan banyak didukung politikus Islam dan tidak disukai kelompok sekuler.

Like Dan Share Jika Kamu Suka Artikelnya Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Sederhana Ini


0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Pos Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger