Piramida Suku Maya Berusia 2.300 tahun Dihancurkan Buat Jalan Raya

Posted by admin posterkini on Tuesday, 14 May 2013

Piramida Suku Maya Berusia 2.300 tahun Dihancurkan Buat Jalan Raya,Salah satu piramida terbesar Maya di Belize telah dihancurkan oleh pembangun 'bodoh' yang melanda struktur kuno untuk  mengisi jalan baru.

Sebuah perusahaan konstruksi yang digunakan buldoser dan penggali mencakar menjadi piramida Maya kuno di Belize dan ekstrak batu hancur untuk digunakan sebagai roadfill

Para pekerja konstruksi yang digunakan buldoser dan penggali mencakari sisi miring piramida tinggi 100ft, yang merupakan bagian dari kompleks Nohmul - situs Maya yang paling penting dalam utara Belize dan satu yang tanggal kembali setidaknya 2.300 tahun.

Ngeri arkeolog mengklaim tidak ada cara pembangun bisa salah reruntuhan Maya untuk bukit, seperti lanskap secara alami datar dan kompleks Nohmul terkenal.

Seperti yang dilansir Situs Dailymail :"Ini perasaan yang luar biasa  karena kebodohan dan ketidakpekaan ini ... mereka menggunakan ini untuk mengisi jalan, "kata Mr Awe.

"Ini seperti ditinju di perut, itu hanya begitu mengerikan. '

Nohmul duduk di tengah-tengah milik pribadi bidang tebu, dan tidak memiliki bahkan sisi batu sering terlihat di piramida direkonstruksi atau lebih baik-diawetkan.

Meskipun demikian Mr Awe pasti pembangun tidak bisa salah gundukan piramida untuk apa pun selain reruntuhan Maya.

Historic: Struktur kuno merupakan bagian dari kompleks Nohmul di utara Belize

 'Orang-orang ini tahu bahwa ini adalah struktur kuno. Ini hanya kemalasan berdarah, "katanya.
Para pembangun menggunakan backhoe untuk mencakar sisi piramida, meninggalkan inti terisolasi berbatu kapur di pusat, dengan apa yang tampaknya menjadi ruang sempit Maya menggantung di atas satu bagian berlubang-out.

'Hanya untuk menyadari bahwa Maya kuno mengakuisisi seluruh bangunan ini bahan untuk mendirikan bangunan ini, menggunakan tidak lebih dari alat-alat batu dan digali batu, dan membawa bahan ini di kepala mereka, menggunakan jalur bukit kecil, "kata arkeolog.

"Untuk berpikir bahwa hari ini kita memiliki peralatan modern, bahwa Anda dapat pergi dan menggali di tambang di mana saja, tetapi perusahaan ini benar-benar akan mengabaikan itu dan hancur bangunan ini. Mengapa tidak bisa orang-orang hanya pergi dan tambang di suatu tempat yang tidak memiliki signifikansi budaya? Ini membingungkan. "

Polisi Belize mengatakan mereka sedang melakukan penyidikan dan bahwa tuntutan pidana dapat diajukan terhadap perusahaan konstruksi.

The Nohmul kompleks duduk di atas tanah pribadi, tetapi hukum Belize mengatakan bahwa reruntuhan pra-Hispanik berada di bawah perlindungan pemerintah.

Belize masyarakat tindakan Citizens kelompok terorganisir untuk Liberty Melalui Aksi disebut penghancuran situs arkeologi 'contoh cabul tidak menghormati lingkungan dan sejarah'.

Ini bukan pertama kalinya itu terjadi di Belize, sebuah negara dari sekitar 350.000 orang yang sebagian besar ditutupi hutan dan dihiasi dengan ratusan situs merusak Maya - meskipun sedikit sebesar Nohmul.

Heritage: Belize dihiasi dengan ratusan situs kehancuran dating kembali ke zaman kuno Mayas

Norman Hammond, seorang profesor emeritus arkeologi di Boston University yang bekerja dalam proyek penelitian Belize pada 1980-an, mengatakan hal itu jauh dari pertama kali gundukan Maya telah ditargetkan oleh pekerja konstruksi mencari bahan.

Dia menulis dalam email bahwa 'pentraktoran gundukan Maya untuk mengisi jalan merupakan masalah endemik di Belize (seluruh Estevan pusat San telah pergi, kedua piramida besar di Louisville, struktur lain di Nohmul, banyak situs yang lebih kecil), tapi ini terdengar seperti terbesar belum '.
Dominasi: Kekaisaran Maya mencakup semua Semenanjung Yucatan dan modern Guatemala dan Belize, bersama dengan bagian Meksiko (foto), Honduras dan El Salvador
 Bangsa Maya kuno tersebar di tenggara Meksiko dan melalui Guatemala, Honduras dan Belize.
"Saya tidak berpikir saya melebih-lebihkan jika saya mengatakan bahwa setiap hari gundukan Maya sedang dihancurkan untuk pembangunan di salah satu negara di mana Maya tinggal," tulis Francisco Estrada-Belli, seorang profesor di Tulane University Anthropology Department.

"Sayangnya, kehancuran warisan kita tidak dapat diubah tetapi banyak yang tidak menganggapnya serius," tambahnya.

"Satu-satunya cara untuk menghentikannya adalah dengan menunjukkan bahwa itu adalah kejahatan besar dan orang-orang dapat dan akan pergi ke penjara untuk itu."

Robert Rosenswig, seorang arkeolog di Universitas Negeri New York di Albany, menggambarkan pekerjaan yang sulit dan menyedihkan mencoba untuk menyelamatkan informasi di lokasi terdekat dari San Estevan menyusul kehancuran serupa sekitar tahun 2005.

'Kerusakan buldozer di San Estevan luas dan situs dikotori dengan potsherds periode Klasik, "tulisnya dalam sebuah makalah akademis menggambarkan adegan.

"Kami menghabiskan beberapa hari di awal musim 2005 mencoba untuk mencari tahu sejauh mana kerusakan .... setelah menggaruk kepala kita selama beberapa hari, buldoser muncul dan kami menyadari bahwa apa yang tampak sebagai gundukan, ketika ditumbuhi vegetasi setinggi dada, sebenarnya baru dibuldoser tumpukan sampah. '

Namun kecil kompensasi, pentraktoran piramida adalah salah satu cara yang sangat brutal mengungkapkan inti bagian dalam struktur, yang sering dibangun dalam tahap konstruksi periodik.

"Salah satu keuntungan dari kehancuran massal, ke situs inti, adalah bahwa sisa-sisa aktivitas domestik awal sekarang terlihat di permukaan, 'Mr Rosenswig tulis.

Belize, yang berbagi warisan Maya kaya dengan Guatemala, Meksiko dan Honduras, dianggap sebagai jantung peradaban selama periode Klasik dari 250AD untuk 900AD.

Itu selama periode ini - zaman keemasan kekaisaran - bahwa Maya membangun kota batu besar dan monumen yang telah menangkap imajinasi dari penjelajah dan cendekiawan selama berabad-abad.
Klasik Maya peradaban tumbuh sekitar 40 kota, dan diperkirakan bahwa populasi mungkin telah tumbuh mencapai dua juta orang pada puncaknya. Arkeolog menggali situs Maya telah menemukan plaza dan kuil-kuil, istana dan piramida.

Jantung Klasik Maya: Sebuah kuil suku Maya di Xunantunich, di distrik Cayo Belize Barat
Banyak kuil Maya Classic dan istana yang dibangun dalam bentuk piramida melangkah, dan diukir dengan karya seni yang rumit dan prasasti.

Maya ditempatkan kuil-piramida di jantung kota batu besar mereka. Salah satu yang paling terkenal - Candi Prasasti di Palenque di Meksiko - adalah monumen abad ke-7 raja Hanab Pakal. Lain struktur Maya terkenal adalah Piramida Magician di Uxmal, Meksiko. Menurut legenda Maya, piramida dibangun oleh Itzamna, dewa sihir, sebagai pusat pelatihan bagi dukun dan penyembuh.

Struktur maya memberikan petunjuk kepada pentingnya peradaban ditempatkan pada sistem astronomi dan kosmologi kompleks, dengan banyak piramida sengaja miring untuk menghadapi matahari terbit atau terbenam pada waktu tertentu tahun.

Judul: Piramida Suku Maya Berusia 2.300 tahun Dihancurkan Buat Jalan Raya
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh ADMIN

Terimakasih atas kunjungan Sobat beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran sobat dapat sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

Artikel Terkait sosial dan budaya

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment