Home » » Kisah 3 Kakak Adik Siswi SMP Berjuang Jadi Buruh Cuci untuk Keluarga

Kisah 3 Kakak Adik Siswi SMP Berjuang Jadi Buruh Cuci untuk Keluarga


Purbalingga - Kisah Indah Sari (17), Supriani Astuti (15), dan Juliah (13) menggambarkan bagaimana hidup harus diperjuangkan. Di tengah kemiskinan mereka tetap berjuang untuk sekolah. Warga Dusun Batur, Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Jawa Tengah, ini rela menjadi buruh cuci untuk hidup dan biaya pendidikan.

Ketiganya bersekolah di SMP 4 Rembang, Jateng. Mereka terpaksa menjadi buruh cuci dan buruh pembuat bulu mata palsu untuk menghidupi ibu mereka Tarmini yang mengalami depresi berat dan tak bisa berbuat apa-apa, serta adik mereka Sayang (5). Sang ayah sudah meninggal.

"Pernah tidak punya beras, hutang ke warung dan bayarnya nanti menunggu kiriman Mas Tanto, tapi sekarang sudah tidak pernah utang lagi," jelas Indah saat ditemui wartawan di rumahnya, Rabu (1/5/2013).

Tanto adalah kakak tertua yang bekerja di Kalimantan Timur. Sebulan berkirim uang Rp 300 ribu, itu pun dipotong membayar utang Rp 100 ribu kepada seseorang.

Tekad bersekolah dan memberi makan keluarga, ketiganya nyambi menjadi buruh. Penghasilan sebagai buruh memang tak seberapa, tapi bisa memberi makan mereka dua kali sehari.

"Kalau membuat bulu mata palsu dapatnya Rp 10 ribu itupun selama dua hari membuatnya. Kalau kami bertiga berarti dapatnya Rp 30 ribu. Kadang juga suka mencuci pakaian tetangga, tapi tidak tentu, jika mengandalkan uang dari Mas Tanto tidak cukup," jelas Indah.

"Kalau pagi tidak pernah sarapan, makannya nanti sepulang sekolah, itu pun hanya dua kali siang dan malam, pernah makan satu kali, itu pun malam," tambah Indah.

Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko sudah menyambangi rumah mereka yang berbilik bambu dan beralaskan tanah. Bupati memberi bantuan mie dan uang. Bupati tengah berembuk untuk membantu biaya sekolah mereka.

Alamat rumah mereka di RT 1/ Rw. 9 Dusun Batur, Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Jawa Tengah.
sumber

Like Dan Share Jika Kamu Suka Artikelnya Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Di Blog Sederhana Ini


0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Pos Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger